RSS

Parpol Jam Karet, Parpol Amburadul, Parpol Birokrat, dan Parpol Ganda Mendaftar Caleg ke KPU

20 Agu

Meski sudah diberikan deadline tegas oleh KPU/KPUD, masih banyak parpol yang mendaftarkan calegnya di menit-menit akhir, bahkan ada juga yang terlambat. Ada yang berkesan sekedarnya, karena hanya memberikan daftar caleg tanpa memberi kelengkapan administrasi yang diminta KPU. Fenomena ini tampak di berbagai daerah di seluruh Indonesia secara merata.

Carut-marut pendaftaran caleg di daerah oleh parpol masih dimeriahkan pula oleh beberapa parpol yang mendaftarkan calegnya di bawah kepengurusan ganda. Terkait dengan ini KPU akan merujuk kepada Pengadilan Negeri untuk menentukan kepengurusan yang memiliki legitimasi. Memahkotai ‘penderitaan’ KPU, Garda Bangsa melakukan unjuk rasa meminta agar KPU tidak menerima pendaftaran PKB kubu Muhaimin. PKB, yang menjadi keprihatinan politik saat ini, memang sudah ricuh sejak awal.

Masih banyaknya parpol jam karet dan parpol yang tidak tertib administrasi menunjukkan budaya parpol yang bersangkutan tidak tertib hukum dan birokrasi yang berbelit-belit. Ada pula parpol yang berkelit dengan jawaban sengaja mendaftar di detik-detik akhir karena menyesuaikan diri dengan nomor urut parpol. Ada-ada saja. Pendaftaran ganda oleh beberapa parpol juga menunjukkan betapa mendirikan parpol dan ikut dalam pemilu adalah ‘cita-cita‘ dan ambisi tertentu, dan harus diraih apapun harga yang harus dibayar. Apa lagi cita-citanya kalau bukan kekuasaan dan uang (haram?). Tentu pastinya hanya satu kepengurusan yang sah, tetapi kok ya si pesaing tetap nekat melangkah tanpa mengindahkan ketetapan hukum dan etika.

Mestinya masyarakat mulai melek politik dan tidak memilih parpol-parpol semacam ini. Ini baru sebatas parpol yang masih dibawah pengawasan sebuah institusi formal, dengan deadline, sudah berani ‘main-main’ dengan pendaftaran caleg. Bagaimana nanti kalau parpol yang bersangkutan berkuasa di legislatif? Tanpa deadline formal pula.

  • Apakah isu-isu ekonomi sosial hanya akan di-jamkaret-kan dan kacaunya administrasi akan menyulitkan aspirasi rakyat tersalurkan?
  • Bagaimana dengan protokol birokrasi yang harus dihadapi rakyat dalam pemerintahan mereka?
  • Apakah jeritan rakyat hanya akan dikilahi oleh silat lidah diplomatik, persis seperti yang bilang ‘sengaja terlambat karena menyesuaikan dengan nomor urut parpol’?
  • Apakah mereka bisa bekerja optimal?
  • Apakah calegnya tidak menjadi arogan ketika sudah duduk di DPR/DPRD dengan mengabaikan tertib administrasi dan prosedur hukum atas nama kekuasaan?
  • Apakah caleg-caleg mereka nantinya mengutamakan rakyat dan tidak sibuk bertarung baik secara fisik maupun argumentasi emosional di ruang sidang demi kepentingan pribadi? Seperti kata Gus Dur ketika menjabat presiden dulu, “DPR kok seperti anak kecil …

Walahualam. Masih banyak kok parpol lain yang tertib hukum dan administrasi sejak awal pendaftaran.


My Mom says: *** Bertanggung jawab dalam hal-hal kecil, menunjukkan pertanggungjawaban di hal-hal besar ***

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 20, 2008 in Politik

 

Tag: , , , , , , ,

3 responses to “Parpol Jam Karet, Parpol Amburadul, Parpol Birokrat, dan Parpol Ganda Mendaftar Caleg ke KPU

  1. Singal

    Agustus 20, 2008 at 6:17 am

    Ksihan rakyat negeri tercinta, mereka tidak akan sempat untuk mengerti politik politikan, mereka lebih mengerti bahwa hari ini masih makan tidak, bekerja dengan penuh harap bisa membeli makan sore ini,…

     
  2. esaifoto

    Agustus 20, 2008 at 11:56 am

    salam dari bandung
    saya sependapat dengan artikel anda
    menurut penerawanganku ( maaf bukan cuma si joko bodoh yang bisa ngomong gituan) para artis hanya di jadikan badut politik di negeri ini oleh para penguasa partai

    kapan yaah paranormal dan pesulap terjun di dunia politik, tapi kalau pesulap bahaya kalau jadi wakil rakyat kalau korupsi susah di tanggkap KPK apaligi para normal bisa di santet bohh

    artikel terbaruku….. mimpi jadi presiden
    http://esaifoto.wordpress.com

     
  3. mujahidallah

    November 12, 2008 at 5:13 am

    Jangan Pilih Politisi Busuk!!!

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: