RSS

Linux Mint 5 Elyssa di Acer 4520

Semua yang sudah beli ACER 4520 atau yang kepingin beli dan masih baca-baca reviewnya di berbagai sumber pasti tahu kalo 4520 ini barang bagus, spesifikasi tinggi tapi harga ekonomis. Nggak heran, jadi fave banyak orang, terutama orang yang bener-bener tahu teknologi.

Sayangnya, banyak juga yang posting di forum-forum sejak pertengahan 2007 lalu bahwa 4520 ini susahnya minta ampun terutama kalau diinstall Linux. Hal ini disebabkan karena hardware 4520 tergolong “baru”, terutama wifinya yang pakai Broadcom dan Atheros (di Indonesia lebih banyak pakai Atheros), sehingga banyak distro gagal dijalankan di 4520 ini. Ditambah lagi graphic card yang NVidia Go 7000 merupakan kelebihan tersendiri bagi laptop ini (bukan kacangan kayak Intel punya).

Di forum Ubuntu saja banyak PR yang harus dilakukan sebelum berhasil menggunakan laptop ini. Mulai dari persoalan booting pakai LiveCD (harus pake safemode graphic VGA) res 600×400, wifi, sampai sound yang bisu.

Salah satu varian Ubuntu yang paling ngetop dan paling disarankan buat yang nggak suka ribet waktu install adalah Linux Mint. Edisi terbarunya versi 5 alias Elyssa sudah keluar full release, dan kebetulan dapat dari local store disini, jadi langsung aku coba.

Instalasi Mint

Booting dari Live CD – nggak perlu takut display error, karena ternyata semua baik baik saja. Kendala klasik vga 4520 nggak detect di Ubuntu versi Gutsy dan sebelumnya nggak ada sehingga screen lock up nggak ada. Yang bikin saya kaget, lho malah bisa masuk mode 800×600. Ini suatu kemajuan tersendiri.

Install ke harddrive. Nggak ada masalah. Selesai install, baik-baik aja, restart. Ini juga deg-degan, karena menurut versi Ubuntu Gutsy dan sebelumnya ada persoalan harddisk yang nggak mau booting. Ini juga karena harddisk 4520 yang pakai SATA bikinan SHARP yang bikin ulah. Ternyata, … lagi lagi nggak ada masalah. Booting lancar. Malah bikin lebih surprise, ‘tringgg …’, ada welcome sound dari Mint. Ternyata soundcardnya langsung ter-detect, nggak kayak distro lain. Wah, berkurang nih PR nya …!

Langsung connect ke internet pakai HP Sony Ericsson dan XL 3G (modemnya /dev/ttyACM0) – kalau punya yang lain coba perintah di terminal:

# tail -f /var/log/messages

lalu colok USB modemnya. Lihat apa yang terdetect di terminal screen – sesuaikan modem Network dengan devicenya,

Pas nge-set network, ketahuan penyakit lamanya 4520. Ya, penyakit lama sejak tahun lalu adalah Wifinya yang nggak terdetect. Nggak usah takut, nanti aja dibetulin, gampang kok.

Sekarang perbaiki VGA driver dulu. Sumpek lihat tampilan gede-gede di layar 14″. Di kanan bawah (system tray) ada balloon Windows Restricted Driver yang minta perhatian. Eh, ternyata ada Nvidia driver yang belum diaktifkan. Begitu dicentang, sistem log ke internet dan mencari driver sendiri, install, dan minta restart. Wah, gampang sekali, malah nggak perlu pakai apt-get atau Package Manager. Restart, dan langsung masuk resolusi maksimum 1200 x 800.

Tringgg … welcome sound lagi. Cek Bluetooth, functional. Berarti yang belum tinggal wifi ini.

Gampang. Masuk ke Package Manager, masukkan password, cari ndisgtk dan ndiswrapper. Centang lalu Apply, maka akan terinstall semua file yang ngikut dengan package ini. Udah? Sekarang ambil CD driver Acer 4520 dan cari driver Atheros untuk Windows XP. Hah? Windows XP. Ya betul. Driver Windows XP ini akan dipake buat Linux. Mending copy aja semua file nya, bawa ke /home. Kalau betul nyarinya, ada file net5211.inf nya, berikut teman-temannya.

Next, … Terminal lagi, ketik:

$sudo su

masukkan password

#ndiswrapper -i net5211.inf
#ndiswrapper -l
#ndiswrapper -m
#ndiswrapper -ma
#loadndisdriver

Untuk memastikan ketik

#iwconfig

kalau benar maka wlan0 pasti ada isinya.

Beres dah …

Pas lihat-lihat menu, ada menu tambahan untuk menyederhanakan pengaturan Compiz. Namanya Simple Compiz. Ubah settingnya jadi ‘Hollywood got nothing’🙂

Test Drive Wifi

Sudah, langsung aku bawa ke hotspot tempat biasa nongkrong, klik kanan icon Network di system tray, lalu Enable Wireless. Kali ini klik kiri icon Network di system tray, dan muncullah sederet host yang aktif di sana. Klik salah satu, … tunggu sebentar .. connect dah.

Nah, dengan effect yang ciamik punya ala Compiz (Hollywood got nothing), ditambah sedikit setting manual Compiz (3D Cube Reflection, Reflection, dan Animation), ubah theme dan wallpaper, ternyata 4520-ku lumayan nyedot perhatian. Gimana enggak, tampilan “biasa” ala Compiz plus animasinya udah jauh lebih baik dan lebih cepat daripada Aero di Windows Vista. Dalam 10 menit, sudah ada beberapa orang yang ngintip-ngintip lihat, bisik-bisik, bahkan nekad nanya, “Pake apa itu, ya?” atau “Itu Windows?” Jawabku, “Ini Linux Mint, Mas.” Dalam hatiku, ini sih bukan “Hollywood got nothing”, tapi “Redmond (markas Microsoft) got nothing”. Abisnya, tampang Microsoft punya boring banget!

 

3 responses to “Linux Mint 5 Elyssa di Acer 4520

  1. blur

    Agustus 20, 2008 at 7:59 am

    Mas kalo acer 4715Z setting wireless lan nya juga sama kaya gitu g??

    Buat setting biar bisa ada balok 3D di linux mint gimna??

    Maksih..

    Kunjungi blogq ya mas..

     
  2. suaranurani

    Agustus 22, 2008 at 7:22 am

    Selama pake atheros, setting wireless nya sama. Tetapi sekarang situs resmi Atheros menyediakan patch untuk linux (berupa patch kernel), sehingga kita tidak perlu lagi pakai ndiswrapper (yang lebih mirip emulator).

    Balok 3D itu apa ya? Kalau maksudnya Desktop 3D (Cube), bisa aktifkan Compiz Fusion. Di Mint cara paling gampang adalah di menu Preferences> Simple Compiz Configurator. Kalau sudah aktifkan Hollywood got nothing, mestinya desktopnya sudah bisa diputer-puter dengan cara Ctrl-Alt-Arrow right/left.

     
  3. sgg

    Juni 2, 2013 at 4:28 am

    untk 4520 hdd,nya bisa di up ampek brp GB ya min.? lo sempet ane mnta tlng sms ke 085876664411 .makasih min.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: