RSS

Nokia 1208 Review

Secara kebetulan, dapat hadiah Nokia 1208, salah satu dari hape Nokia tipe Ha-eS-eS-eS-eS-eS–eS … hehe alias Handphone Sumpah Sejujurnya Sungguh Sangat Sederhana Sekali. Eit jangan salah, meskipun minim fitur disitulah letak keunggulannya. Seperti orang bilang, dimana terletak kelemahannya disitulah sebenarnya letak kekuatannya.

Fitur

Jangan harapkan 3G, kamera, MP3, dsb, karena pada Nokia 1208 ini Anda hanya menjumpai fitur paling sederhana dari telepon. Ya, hanya untuk telepon dan SMS. Kalau mau juga dibilang fitur, yang ada hanya layar warna resolusi rendah (ga bisa dipake tampilin foto), dan polyphonic. Ditambah MMS. Nggak bisa dipake juga buat transfer-transfer data lha wong nggak ada bluetooth, infrared, dan kabel datanya pun optional. Apalagi internetan, wong GPRS juga nggak ada.

Kalau dibilang ada fitur yang jarang ada di hape lain, itu adalah flashlight. Ya senter, dari lampu LED putih jenis super bright, yang nyalanya lumayan untuk nerangin jalan di dalam gedung bioskop biar ga nginjek kaki tetangga or kesandung tangga.

Fitur lainnya yang juga agak nyeleneh adalah Multiple Phonebook. Fitur ini (kalau diaktifin) memungkinkan kita nyimpen nama-nama kontak kita di 5 ‘buku’ yang berbeda. Sepertinya fitur ini memang pas untuk mereka yang pake sistem Satu Hape Rame-Rame, jadi masing-masing bisa catat nama dan nomer telepon teman tanpa saling tumpang tindih. Setiap ‘buku’ bisa diisi 200 nama, dan setiap nama ada space untuk 5 nomor yang berbeda.


Desain

Desain Nokia 1208 dari plastik yang ringan sekali. Secara keseluruhan tampilannya nggak jelek jelek amat. Ada banyak desain hape kelas entry level yang mengecewakan, tapi untuk Nokia 1208 nggak terlalu norak, meski nggak kelihatan mewah juga. Standar. Ini juga thanks to portfolio Nokia yang bejibun sampe kalo nggak hape mania pasti bingung juga ini seri berapa.

Performance

Sejatinya hape ini karena hadiah gue nganggurin. Pas suatu ketika hape lawas gue Motorola lagi ngadat tombolnya, daripada beli baru gue coba aja hape ini. Eh ternyata not so bad juga, padahal gue businessman juga. So, this is my first impression after five minutes try-out:

Pros:

  1. Startup cepat, menu sederhana mudah dimengerti, layar warna – lumayan nggak bete ngeliatnya walau bukan high resolution or juta-juta warna.
  2. No fuss. Untuk orang yang keperluannya cuman telp dan sms dan orang yang sibuk yang nggak sempat foto-foto, sharing foto, dengering musik, nonton film, or internet, gue kira fiturnya sudah lebih dari cukup. Kalo digandengin sama kartu GSM yang super ekonomis tarifnya hape ini dijamin tokcer, karena baterenya super awet. Ini terbukti setelah beberapa hari, bahwa batere Lithiumnya kuat sampe seminggu !
  3. Ringan, dijamin nggak bikin kantong baju melorot jatuh keberatan hape.

Cons:

  1. Untuk kategori hape yang entry level, harganya masih mahal. Iseng-iseng cek di toko berkisar Rp 400 rb-an. Plus minus lah, di Surabaya bisa dibawahnya dikit, di luar Jawa bisa diatasnya dikit. Mestinya hape murah meriah gini dibandrol 200 rb an aja, lumayan untuk memasyarakatkan handphone dan menghandphonekan masyarakat. Masa perang tarif cuman di kartunya doang? Kalo harga segitu banyak kompetitor yang bagusan, Sony Ericsson tipe J100 dan J200 juga jauh lebih baik.

Kesimpulan
Setelah banyak kali gonta-ganti hape, gue coba mawas diri bahwa banyak hape gue yang bisa MP3 ternyata ga ada koleksinya. Ada kameranya tapi ga pernah jeprat jepret. Ada layar high res tapi berhubung ga ada foto lha ya mubazir. Malah baterenya harus dicharge tiap hari karena fitur dan rangkaian rumit yang ga pernah kepake.

Semestinya hape ini cukup untuk the real businessmen, yang daripada utak atik hape mending hubungin relasinya. Nggak usah repot kirim sms, telp aja. Sms seperlunya. Pas banget untuk marketing freelance, yang perlu hape tapi ga mahal-mahal. Atau orang yang kalo dikasih hape rumit malah bingung, nah itu sih kelas bokap nyokap yang lebih sering gaptek.

Cuman satu saran untuk marketing yang milih pake hape ini, as soon as you guys balik modal or ada dana lebih gede segera upgrade ke hape yang lebih gede memorinya, karena daftar client kamu pasti membengkak gede dan telepon ini nggak bisa nampung semuanya, belum lagi masalah backup yang rada-rada nyebelin. Mengapa? Lha wong hapenya aja 400 ribuan, kabelnya yang asli 500 ribu, besar pasak daripada tiang!! Solusinya, pinjem, or beli kabel buatan Cina, meski yang ini juga kudu ati-ati belinya biar bisa berfungsi seperti yang diharapin.

 

17 responses to “Nokia 1208 Review

  1. yen

    April 14, 2008 at 3:08 am

    Wii..sedap dah baca review kayak gini. Thanks a lot ya… gw lagi ngincer, tp browsing reviewnya dulu. hehe..Gw rencana beli buat nyokap neh. Btw, keypad nya enak ga? trus, masalah fontnya, katanya bisa font gede n font kecil. bener ga? Tx.

     
  2. suaranurani

    April 16, 2008 at 6:10 am

    BTW: addendum. Font standar Nokia semua bisa disetel gede dan kecil untuk SMS. Mungkin lebih nyaman diset kecil, toh masih cukup gede dan kontras dilihat. Kecuali untuk yang emang perlu pake huruf gede, bisa aja diganti tapi ya mungkin satu layar cuman cukup buat beberapa kata, berhubung layarnya tergolong mungil. Keypad standar, nggak terlalu keras, tapi ini juga sangat relatif. Yang jelas tidak sesensitif touchscreen. Semoga bermanfaat.

     
  3. yafiz

    Mei 21, 2008 at 3:02 am

    Di bagian bawahnya kan ada tempat port untuk kabel data. Kalau boleh tau type kabel datanya apa ya. Tolong dikasi tau ya segera…

     
  4. suaranurani

    Mei 21, 2008 at 6:21 am

    Mestinya DKU-2 sih. Cek dulu ke Nokia Center deh biar aman.

     
  5. yani

    Agustus 16, 2008 at 2:32 pm

    Thanks a lot yah reviewnya. Stlh liat tabloid utk range harga,pilihan jth di Nokia 1208. Aku lg cari hp nokia yg murah,gampang dpakai oleh bokap/nyokap,tp phonebooknya banyak. Eh kbetulan ad multiple phonebooknya,unik jg. Bsok jd beli nich,hehe.

     
  6. ivan

    Oktober 9, 2008 at 4:58 am

    ko kalo gw kirim sms dari nokia 1208 masuk ke hp nerima sms nya masuk ke sim message engga ke telp ? kadang2 memory sim suka penuh…jadi sms nya gagal😦

     
  7. hermawan64

    November 11, 2008 at 1:24 am

    Murah, ringan, kecil, dan banyak yang punya.

     
  8. candra

    Desember 3, 2008 at 9:27 pm

    wah pembahasannya enak dibaca dan mengena sekali.terima kasih banyak.

     
  9. Onod32

    Februari 22, 2009 at 12:05 pm

    review yg sangat bagus en friendly user…nice job…btw ayaS lagi ditawarin hape ini ama temen ayaS…pgn cari tau dulu reviewnya…thx testimonialnya soB!

     
  10. lisa mutz

    Oktober 18, 2009 at 6:59 am

    bagus buangetz hp nya

     
  11. eko purwanto

    November 9, 2009 at 7:55 pm

    hp q 1208 bsa untuk motret…..aq kasih kamera 1mp ..dengan design yng rahasia

     
  12. rudi sugandhi

    Februari 1, 2010 at 4:10 am

    minta gambar titik sambungan hwk dengan hp nokia 1208

     
  13. rudi sugandhi

    Februari 1, 2010 at 4:11 am

    minta artikel langkah-langkah buat flash pada nokia sekarang

     
  14. arieszboy

    Maret 30, 2010 at 7:21 am

    t.o.p dch…………..gw dah sering ganti2 hp……cman ne yg asyik……..lagian mang tu gunanya utama hp……….yag pnting bisa berhubungan am temen2 n si dia………………..g usah repot2 charger tiap waktu

     
  15. Lambertus Wahyu Hermawan

    Agustus 13, 2010 at 8:39 pm

    blogwalking… Salam,

    Setuju banget sama reviewnya.. secara hape saya juga nokia 1208. cocok juga buat mahasiswa yang ga neko-neko…🙂

     
  16. anjani

    September 23, 2010 at 8:50 am

    iah, ada yang joal gak ??
    kalo ada dumana yang harganya segitu ??

     
  17. robi RIZKIANTO.

    Februari 15, 2016 at 3:11 am

    Mantap saya juga pencinta hp nokia jadul , dan saya sudah punya 4hp jadul yang masih normal, mantap lah… walau jadul sinyal tetap oke…
    #robi_rizkianto,

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: